Tuesday 1 April 2014

Kegiatan Apresiasi Branding Produk Perikanan

Fasilitasi pengembangan pasar dalam negeri merupakan salah satu upaya yang terus menerus didorong dalam rangka mendukung kebijakan pembangunan Kementrian Kelautan dan Perikanan di bidang pengolahan pemasaran hasil perikanan yang fokus pada industrialisasi berbasis kawasan dan produk unggulan dengan menerapkan prinsip2 ekonomi biru untuk kesejahteraan rakyat. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang nomor 45 tentang perikanan dan Undang-undang nomor 18 tentang pangan. 



Telah banyak program dan kegiatan yang dinisiasi untuk mendukung implementasi undang-undang tersebut dan hingga saat ini telah menunjukkan hasil yang cukup baik. Salah satu indikatornya adalah tingkat konsumsi ikan per kapita nasional yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun demikian, pengembangan pasar dalam negeri juga masih dihadapkan pada sejumlah kendala utama seperti ; kontinuitas ketersediaan produk, kualitas dan citra produk yang belum sepenuhnya sesuai dengan preferensi pasar. 

Untuk itu salah satu program dan kegiatan strategis yang dikembangkan antara lain adalah fasilitasi branding produk perikanan dengan maksud meningkatkan citra produk perikanan baik di pasar global maupun pasar dalam negeri dan sekaligus meningkatkan kapasitas kelembagaan dan daya saing produk. Program fasilitasi branding produk perikanan ini telah dilakukan sejak tahun 2011 dan hingga saat ini telah menghasilkan beberapa produk yang sesuai dengan preferensi pasar, khususnya pasar ritel modern. 



Pemaparan materi oleh Bu Endang Konsultan Retail Modern Dirjen P2HP

Mengingat jumlah UMKM yang harus mendapatkan pembinaan sangat banyak dan tersebar hampir di seluruh wilayah indonesia, maka sinergitas antar pemerintah pusat dan daerah, serta dukungan stakeholder lainnyasangat diperlukan agar program dapat berdampak luas. Untuk itu, diperlukan referensi umum sebagai acuan bersama bagi semua stakeholder dalam implementasi program tersebut. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman pada penyuluh kelautan dan perikanan untuk wilayah Indonesia bagian timur, terkait upaya peningkatan akses pasar produk perikanan khususnya melalui program branding. Setelah acara ini diharapkan program branding produk perikanan dapat dilakukan secara mandiri, meluas, sinergis dan sistematik di seluruh Indonesia. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Maret 2014 yang bertempat di Hotel Singgasana Surabaya ini terdiri dari 30 peserta, dimana narasumber berasal dari lingkup KKP dan swasta antara lain Direktur Pemasaran Dalam Negeri, Tenaga ahli / Fasilitator Kemasan, Branding dan Pemasaran, dan Direktur Penilaian Keamanan Pangan, Badan POM.

Beberapa materi yang diuraikan pada workshop ini adalah pada Sesi I Strategi penguatan daya saing produk hasil perikanan melalui branding, Sesi II Teknik Desain Kemasan, Sesi III yaitu Peran penyuluh sebagai motivator dan Mediator Pengembangan Produk Perikanan UMKM, Sesi IV yaitu Tata cara pendaftaran dan penanganan produk pangan, dan Sesi V yaitu Menyiapkan dan Mengembangkan Produk menuju Retail (pasar).



Foto Bersama Peserta Pelatihan.




No comments :